Kecipir Enak dan Menyehatkan

30 Dec 2015

Sesuai judul artikel ini bahwa kecipir satu diantara jenis sayuran yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Namun sebelumnya, saya mau tanya siapa yang belum pernah tahu kecipir? Rasa-rasanya semua sudah cukup akrab dengan tumbuhan yang satu ini. Kecipir sudah cukup populer di bumi Nusantara ini sebagai sayut olahan yang cukup nikmat untuk di nikmati. Makanan yang terkenal dari kecipir adalah sayur asam, urap-urap, lodeh, untuk campuran pecel, gado-gado dan masih banyak yang lain. Pengalaman pribadi menanam kecipir, kecipir membutuhkan cukup air sehingga ia akan dapat tumbuh dengan baik ketika terpenuhi dengan air, hal ini dapat saya perhatikan ketika menanam kecipir di musim penghujan dan di musim kemarau. Ketika musim hujan kecipir dapat tumbuh lebat dengan buah yang besar dan panjang, tetapi sebaliknya jika dimusim kemarau tanpa rajin menyiram kecipir tersebut kering dan buahnyapun kecil-kecil atau disebut puret.

Sebagai bahan makanan kecipir sudah cukup dikenal, berbanding lurus kecipir yang enak untuk dimakan segaligus bermanfaat untuk tubuh dalam hal menjaga kesehatan. Hal ini kecipir juga memiliki kandungan yang tak kalah dengan sayuran yang lain, dianta kandungan pentinya adalah Protein nabati, riboflavin, thiamin. Niasin, asam askorbat, zink, sodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium dan masih banyak kandungan penting lainnya. Bukan hanya untuk manusia kecipir juga cupup baik sebagai pakan ternak. Kelebatan dari daun kecipir dan tumbuhkan menjalar menumpang di pohon atau di pagar kayu dapat dimanfaatkan sebagai pohon teduh. Manfaat kecipir untuk kesehatan diantaranya adalah.

-    Sumber protein nabati
-    Antioksidan
-    Menyehatkan mata
-    Menyehatkan jantung
-    Melancarkan perdaran darah
-    Menyehatkan tulang dan gigi
-    Mencegah kekurangan darah
-    Dan masih banyak manfaat yang lain

Itulah sekilah mengenai manfaat kecipir semoga menjadi tambahan informasi bagi anda. Kecipir dapat tumbuh dengan baik jika mendapatkan kebutuhan air hujan. Besar sekali manfaat air hujan untuk kehidupan baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Namun untuk memanfaatkan air hujan dibutuhkan pengolahan air bersih agar dapat dikonsumsi dengan aman.


TAGS Manfaat kecipir Kandungan gizi kecipir Tumbuhan kecipir


-

Follow Me

Search

Recent Post